5 Cara Menata Ruang Tamu Dengan Konsep Open Plan

Bagi Anda yang memiliki rumah di kawasan perumahan modern atau bahkan Anda tinggal di apartemen, pastinya konsep open plan atau dalam kata lain ruangan terbuka tidak asing Anda dengar, bukan? Konsep ini merupakan konsep dimana ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan hingga dapur menyatu tanpa adanya tembokan sebagai pembatas. Dikarenakan adanya penerapan konsep ini, maka biasanya ruang tamu dan juga ruang tv akan menyatu. Maka dari itu, cara menata ruang tamu seperti ini akan sedikit berbeda dengan penataan ruang tamu pada umumnya.

Jika seperti itu, bagaimana caranya menata ruang tamu dengan konsep open plan? Apakah cara menata ruang tamu tersebut sangatlah sulit? Jawabannya jelas tidak, karena meskipun terbilang sulit, Anda akan dengan mudah melakukannya jika Anda mengetahui cara atau taktik yang jitu. Dibawah ini kami sudah menyajikan cara yang ampuh agar Anda bisa menata ruang tamu dengan konsep open plan.

Cara Menata Ruang Tamu Dengan Konsep Open Plan

1. Gunakan Furnitur Sebagai Pembatas Ruang Tamu

Jika Anda menginginkan adanya privasi antara ruang tamu dengan ruangan yang lainnya, maka Anda bisa memberikan sekat dengan menggunakan rak display, rak buku, atau bahkan Anda bisa menggunakan meja konsol yang bisa digunakan sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruangan yang lainnya.

2. Perhatikan Bentuk dan Letak Sofa

Untuk menata ruang tamu dengan konsep seperti ini, maka Anda bisa memilih sofa dengan penempatan bentuk L. Bentuknya yang menyiku ini pastinya bisa Anda sesuaikan dengan beragm kebutuhan ruang tamu. Misalkan sofa berbentuk L ini bisa Anda tempatkan di bagian pojok ruang tamu, atau bahkan bisa Anda hadapkan kea rah focal point ruang tamu, yaitu bagian TV.

3. Pasang Rug atau Karpet untuk Menandakan Wilayah Ruang Tamu

Anda juga bisa menggunakan karpet untuk dekorasi ruang tamu dengan konsep ini, bahkan hal tersebut sangat;ah penting untuk Anda lakukan. Karpet yang Anda pilih pastinya bisa dijadikan sebagai penanda antara ruangan tamu dengan ruangan yang lainnya. Anda bisa menyesuaikan warna dan juga corak dari karpet tersebut dengan nuansa ruang tamu yang Anda inginkan.

4. Penerapan Perpaduan Warna yang Senada dengan Ruangan Lain

Konsep dekorasi ruang tamu yang memiliki ruangan terbuka yaitu salah satu bagian dari proses dekorasi ruangan secara keseluruhan. Anda bisa membuat dekorasi ruang tamu ini menjadi lebih mengalir, salah satu caranya adalah melalui warna cat yang Anda pilih. Anda bisa membuat seolah-olah dekorasi ruang tamu ini menyatu atau bahkan melanjutkan dekorais ruangan yang lainnya.

5. Lengkapi Dekorasi Ruang Tamu Terbuka dengan Beragam Aksesoris

Bukan hanya furniture yang tersusun dengan rapi, namun beberapa hiasan atau bahkan pernak-pernik juga harus tersusun dengan sangat rapi. Untuk dekorasi ruangan terbuka ini, meskipun Anda memiliki ruang dinding yang terbatas, namun Anda masih bisa memasang artwork atau bahkan kolase bingkai foto di bagian dinding yang kosong. Atau bahkan Anda juga bisa memasang hiasan tembok ini di bagian belakang lemari yang Anda jadikan sebagai skat atau pembatas.

Nah, itu dia sedikit cara yang bisa Anda ikuti dalam mendekorasi ruang tamu dengan konsep open plan. Semoga informasi yang kami berikan di kesempatan ini bisa memberikan manfaat lebih untuk Anda semua.

Leave a Reply