7 Khasiat Jahe Merah bagi Kesehatan

Jahe merah merupakan salah satu jenis rimpang jenis jahe yang memiliki morfologi hampir sama dengan jahe putih biasa yang sering dimanfaatkan, hanya saja memiliki warna merah. Selain itu, jahe merah juga memiliki rasa pedas yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe putih biasa.

Rimpang ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Di negara Cina dan India, Jahe merah dimanfaatkan sebagai obat herbal karena memiliki senyawa fitokimia yang beragam dan dapat mengatasi berbagai jenis penyakit.

Jahe merah mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta mampu mengatasi penyakit-penyakit yang menyerang tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalam jahe merah antara lain adalah karbohidrat, protein, gula, serat, lemak, tiamin, niasin, riboflavin, mangan, magnesium, kalium, kalsium, sodium, zat besi, vitamin C, vitamin E, dan asam folat.

7 Khasiat Jahe Merah bagi Kesehatan

Jahe merah juga mengandung berbagai jenis minyak atsiri seperti lemonin, kamfena, zingeberin, gingerol, shogool, gingeral. Nutrisi dan minyak atsiri yang terkandung dalam jahe merah sangat baik bagi kesehatan tubuh.

7 Khasiat Jahe Merah bagi Kesehatan Tubuh

1. Mampu Meningkatkan Nafsu Makan

Jahe merah dapat mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan yang dapat menyebabkan turunnya nafsu makan. Dengan mengonsumsi herbal dari jahe merah, saluran pencernaan yang bermasalah akan teratasi, dan nafsu makan akan kembali normal.

2. Mampu Menghangatkan Tubuh

Cuaca yang dingin seringkali menyebabkan rasa malas untuk beraktivitas muncul. Jahe merah juga dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh dengan membuatnya sebagai minuman panas yang menyegarkan. Cara membuatnya sangat mudah, bersihkan 1 ruas jahe merah, kemudian bakar atau sangrai jahe merah hingga matang. Selanjutnya, geprek jahe yang telah dibakar/disangrai. Masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas ke dalamnya. Tambahkan gula batu sesuai dengan selera, dan minum selagi hangat.

3. Mengobati Penyakit Maag

Khasiat jahe merah memang sangat banyak. Khasiat lainnya dari jahe merah adalah untuk mengobati penyakti maag. Jahe merah dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan asam lambung, sehingga akan meredakan rasa mual dan rasa ingin muntah. Selain itu, jahe merah juga dapat meredakan peradangan yang ada pada lambung. Cara penggunaannya adalah dengan merebus jahe merah pada 2 gelas air. Rebus hingga volumenya menjadi sekitar satu gelas, kemudian meminumnya setelah dingin.

4. Mengobati Asma dan Gangguan Pernafasan

Kandungan minyak atsiri yang tinggi dan beragam dalam jahe merah, berkhasiat dalam mengobati penyakit asma dan gangguan pernafasan lainnya. Dengan meminum air jahe, dapat meredakan saluran pernafasan dan membantu khususnya bagi penderita asma atau gangguan pernafasan lainnya. Di Cina dan India, jahe merah juga sudah banyak dimanfaatkan untuk mengobati batuk, asma, dan gangguan pernafasan lainnya.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat tubuh letih karena padatnya aktivitas yang harus dikerjakan setiap harinya dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun dan memungkinkan bakteri dan virus yang jahat untuk mengganggu kesehatan tubuh. Kandungan berbagai nutrisi dan berbagai senyawa aktif dalam jahe merah memantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, jahe dapat dimanfaatkan sebagai minuman hangat dan diminum secara rutin.

6. Mengatasi Sakit Sendi

Jahe merah juga efektif untuk mengatasi sakit sendi. Caranya adalah dengan memarut jahe merah, kemudian membalurkannya pada bagian sendi yang sakit. Parutan jahe merah juga dapat digunakan untuk mengompres memar-memar dan pegal-pegal. Cara pemanfaatannya sama dengan pemanfaatan untuk mengobati sakit sendi.

7. Mengobati Radang

Peradangan sering kali terjadi pada tubuh kita, seperti radang tenggorokan, sendi, dan tenggorokan. Peradangan dalam tubuh dapat menyebabkan demam dan tidak semangat dalam beraktivitas karena rasa nyeri yang dirasakan. Jahe merah mengandung senyawa gingerol yang bersifat anti-inflamasi yang dapat meredakan dan menyembuhkan  peradangan.

Demikian beberapa khasiat jahe merah bagi kesehatan tubuh. Semangat jaga kesehatan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply