Jumlah Takaran Susu Formula Bayi 0-3 Bulan yang Tepat

Jumlah Takaran Susu Formula Bayi 0-3 Bulan yang Tepat

Terkadang karena berbagai sebab, tak semua ibu dapat memberi ASI kepada bayinya. pada kondisi seperti ini susu formula menjadi alternatif untuk sang ibu agar bisa memberikan susu kepada bayinya. namun ada hal tertentu yang perlu memperoleh perhatian lebih saat anda memberikan susu formula kepada sang bayi. Yang sering menjadi pertanyaan adalah sebenarnya berapa takaran susu formula bayi 0-3 bulan?

Sebenarnya yang paling baik untuk bayi pada usia 0-6 bulan adalah ASI Eksklusif. Akan tetapi memang terkadang ada yang tidak bisa memberikan ASI nya kepada sang bayi. Kebutuhan susu pada bayi yang berusia 0-3 bulan biasanya sebanyak 60-90 ml. Anda bisa berikan setiap bayi merasa lapar. Jadi dengan begitu tak ada takaran berapa kali susu bisa diberikan.

Panduan Pemberian Susu Formula Untuk Bayi 0-3 Bulan

Biasanya bayi yang baru saja lahir akan mengkonsumsi susu sekitar 45-90 mililiter dalam setiap 2-3 jam. karena bayi baru lahir akan perlu asupan makanan dalam jumlah yang cukup banyak. Ini untuk membantu tumbuh kembang bayi. Di bawah ini terdapat panduan yang bisa anda ikuti dalam pemberian susu formula untuk bayi usia 0-3 bulan.

Pastikan Kebersihan Terjaga

Yang paling penting dan tidak boleh anda lupakan ialah pastikan botol dan dot yang akan dipakai sudah disterilisasi dan dikeringkan sebelum akhirnya anda gunakan. Jangan lupa juga, cucilah tangan Anda dengan sabun dan air setiap kali menyiapkan susu. Susu formula yang telah berada lebih dari satu jam di suhu kamar tidak boleh diberikan lagi pada bayi.

Sesuaikan Susu Formula Dengan Usia Bayi

Setiap susu formula punya nutrisi dengan komposisi yang disesuaikan dengan tingkat usia bayi, yaitu 0 – 6 bulan atau 6 – 12 bulan. Penggolongan usia didasarkan kondisi pencernaan bayi. Bayi usia 0 – 6 bulan, seperti belum punya sistem pencernaan yang sempurna.

Sedangkan kondisi pencernaan bayi 6 – 12 bulan mulai sempurna karena sudah diberi makanan tambahan. Dengan demikian kandungan nutrisi yang ada dalam susu formula dari kelompok usia itu pun keduanya dibedakan.

Takaran Musti Tepat

Sama juga seperti obat, aturan dan takaran pemberian susu formula juga harus tepat. Kenapa? Masalahnya terdapat pada kondisi pencernaan bayi yang belum sempurna.

Susu yang terlalu kental membuat sistem pencernaan bayi kesulitan untuk mencernanya. Akibatnya, bayi rentan mengalami diare. Sedangkan jika susu yang kita berikan itu terlalu encer akan berisiko membuat si kecil menjadi kekurangan asupan gizi. Sebab bayi akan lebih banyak minum air dibandingkan susu. Itu sebabnya mengapa setiap susu formula selalu menyediakan sendok takar di dalam kemasannya. Takaran satu sendok yang benar adalah satu sendok penuh yang diratakan.

Suhu Air Harus Pas

Panduan dari WHO dalam hal pembuatan susu formula itu harus memakai air matang dengan suhu 70°C. Karena suhu seperti ini sudah bisa membunuh bakteri khususnya Enterobacter sakazakii. Dan lebih baiknya mendidihkan air selama 1 menit kemudian didiamkan beberapa saat sampai suhunya turun. Anda jangan memakai air termos atau dispenser sebab ini beresiko terkontaminasi bakteri.

Disamping itu, Anda bisa melihat takaran pemberian susu yang ada dalam kemasan susu formula. Dalam kemasan susu formula biasanya tercantum informasi mengenai takaran susu sesuai golongan usia. Anda dapat konsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Demikianlah informasi mengenai takaran susu formula bayi 0-3 bulan yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan bisa menjadi panduan anda untuk memberikan susu formula yang tepat untuk sang buah hati.

Leave a Reply