Mengetahui Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Penyebabanya

Mengetahui Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Penyebabanya

Rambut rontok atau yang disebut dengan alopesia merupakan suatu penurunan jumlah rambut yang ada di bagian kulit kepala. Permasalahan rambut rontok ini pernah dialami oleh sebagian besar orang. Dan ini termasuk hal yang normal jika seseorang akan kehilangan 100 helai rambut per harinya. Akan tetapi jika berlebihan, terkadang suatu hal yang menjadi penyebab kerontokan rambut pada kulit kepala tersebut.

Pada pria, pola kerontokan  yang dikarenakan hormon ini bersifat khas, yakni membentuk lengkungan khas yang ada di kedua sisi pelipis. Tak hanya di pelipis saja, puncak kepala juga akan mengalami kerontokan, dengan begitu bisa menjadi rontok rambut total.  Untuk wanita bentuk kerontokan yang dialami akan berbeda. Kerontokan rambut karena pengaruh hormon pada wanita akan terjadi pada seluruh bagian rambut, dan tidak terpusat pada daerah tertentu saja. Kerontokan rambut pada wanita bisanya juga tidak menimbulkan penipisan rambut yang ada pada bagian-bagian tertentu seperti yang dialami pria.

Penyebab Rambut Rontok

Makanan

Tidak bisa dipungkiri lagi jika makanan pedas dan berminyak bisa memberikan rasa yang lebih nikmat jika dibandingkan dengan jenis makanan biasa-biasa saja. Namun yang harus anda tau bahwa dari makanan yang pedas dan berminyak tersebut  adalah awal munculnya penyakit pada tubuh. Salah satunya yaitu gangguan kulit kepala yang akan menjadi kelebihan minyak, serta bisa mengakibatkan rambut menjadi rontok.  Selain itu bisa juga bertambah masalah seperti halnya munculnya ketombe.

Penggunaan Alat Rambut

Menggunakan hairdryer, sisir, mewarnai, dan juga penggunaan ikat rambut memang bisa memberikan rambut  yang lebih terkesan rapi, indah dan lebih enak di pandang.  Namun, apabila hal tersebut telah  berkelebihan maupun tidak sesuai dengan aturannya. Maka bisa terdapat masalah seperti kerontokan pada rambut ini.

Obat-Obatan

Bahan kimia sudah tidak bisa dipungkiri lagi mempunyai efek samping yang cukup . Dan ada juga yang dihasilkan dari berbagai banyak obat. Padahal ternyata efeknya dapat mengakibatkan merontokkan rambut. Akan tetapi , jika obat yang di pakai tersebut telah  selesai maka rontokpun nantinya akan berhenti.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Jika rambut anda rontok dan anda tidak mengetahui solusinya, anda bisa menggunakan bahan bahan alami untuk dijadikan sebagai cara mengatasi permasalahan rambut rontok.

Kemiri

Bumbu dapur seperti halnya kemiri juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.  Berbagai zat yang ada pada minyak kemiri bisa menjadikan rambut menjadi lebih tampak hitam, sehat. Selain itu juga bisa mengatasi masalah kerontokan  pada rambut. Zat yang terkandung dalam minyak kemiri dapat membuat bagian akar rambut menjadi semakin kuat. Selain itu juga bisa merangsang rambut supaya bisa tumbuh di bagian kulit kepala anda.

Untuk menggunakannya anda tidak perlu khawatir, sebab caranya mudah yakni kemiri disangrai terlebih dulu ditumbuk kasar. Setelah disangrai selanjutnya tumbuk sampai halus sampai mengeluarkan minyak. Kemudian usapkan minyak kemiri itu di bagian rambut anda. Langkah yang selanjutnya yakni dengan cara kramas dengan menggunakan shampo supaya rambut anda bisa bersih.

Minyak Esensial

Berbagai jenis minyak esensial  banyak yang sudah dimanfaatkan dan juga diyakini bisa untuk mengatasi rambut rontok. Diantaranya yaitu seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan juga minyak kelapa. Langahnya yaitu dengan mengoleskan minyak esensial pada bagian rambut dan kulit kepala anda secukupnya. Selain itu lakukan pemijatan. Anda bisa menerapkan secara rutin 2 kali dalam seminggu. Tujuannya agar bisa memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan anda.

Leave a Reply