Pengertian Sales TO Taking Order Distributor dan Sistemnya

Pengertian Sales TO Taking Order Distributor dan Sistemnya

Jika anda seorang pelaku bisnis distributor, maka anda juga sudah pasti sering melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Sales take order. Pengertian sales TO atau take Order sendiri adalah salah satu bagian dari team marketing distributor yang memiliki tugas dalam menghandle toko grosir, semi grosir dan juga retail di sepanjang jalur ataupun jalan utama.

Seperti yang terjadi pada team sales yang lainnya, tugas serta tanggung jawab dari sales taking order tak dapat lepas dari target yang dibebankan oleh perusahan. Salesman utama ini bertugas untuk menggenjot penjualan setinggi-tingginya demi pencapaian keuntungan maksimal bagi perusahaan.

Tugas Sales Distributor

Adapun target yang dibebankan perusahaan kepada sales Taking Order ada 2 yaitu :

  1. Target omzet (jumlah penjualan)
  2. Jumlah Bon Penjualan (BP) yang harus tercetak setiap hari.

Disamping itu, mereka juga yang tentunya harus menyelesaikan tagihan toko sebab biasanya untuk toko grosir atau semi grosir banyak yang melakukan pembelian secara kredit. Hal ini berbeda dengan jika meminjam di Bank yang mana di situ harus ada jaminan yang diberikan jika kita tidak mampu melunasi pembayaran.

Sedangkan untuk sales tidak ada jaminan yang diberikan oleh toko, oleh karena itu menjadi kewajiban sales untuk menyeleksi toko mana yang bisa diberi fasilitas kredit mana yang tidak.

Tidak jarang apabila terjadi bedt debt (tagihan tidak terbayar) hal ini menjadi tanggung jawab Salesman itu sendiri untuk menyelesaikan tagihan toko yang tidak terbayar. Tugas sales take order juga meliputi memonitor aktifitas barang rusak atau expired dan menggantinya dengan yang baik.

Strategi Sales Taking Order

Di jaman sekarang dimana persaingan semakin tinggi menuntut salesman untuk lebih kreatif dan mau bekerja keras dalam mencapai target perusahaan, terhindar dari bad debt maupun masalah yang lain dalam pekerjaan. Pada akhirnya menjadi salesman taking order adalah salah satu profesi yang bisa dipilih dalam berkarier.

Perbedaan Marketing Dan Sales

Tak sepenuhnya salah bila ada sebagian orang beranggapan bahwa kedua istilah ini sama, sebab pada beberapa perusahaan ada yang memang menempatkan posisi sales dan marketing pada tempat yang sama, dengan kata lain sales merangkap marketing. Marketing dan sales merupakan ujung tombak sebuah perusahaan, namun keduanya memiliki perbedaan tugas.

Marketing adalah sebuah rangkaian tugas yang merupakan sebuah sistem dalam aktivitas bisnis dan bertujuan untuk melakukan perencanaan produk, penetapan harga, promosi hingga ke distribusi dengan harapan mencapai kepuasan konsumen. Marketing berbeda dengan sales yang hanya fokus pada kegiatan penjualan produk saja dengan tujuan utama meningkatkan penjualan.

Tugas sales hanya meliputi taking order, pengiriman, tagihan berhenti setelah barang laku terjual, tak peduli konsumen puas atau tidak. Seorang sales tidak perlu pusing memikirkan promosi. Sales hanya menginformasikan kepada konsumen tentang kelebihan yang dimiliki oleh produk yang dijualnya. Jadi sekali lagi ditegaskan sales hanya fokus pada penjualan dan meningkatkan penjualan produk saja. Tugas sales sangat ditunjang oleh strategi marketing yang disusun oleh seorang marketing. Di sinilah kunci sukses sebuah perusahaan. Apakah perusahaan itu memiliki strategi pemasaran yang jitu atau tidak.

Pentingnya Karakter Sales TO

Yang disebut dengan sales Karakter, yaitu karakter atau hal- hal unik yang wajib di miliki salesman sukses. Sebaiknya tidak dimiliki orang lain dan memudahkan salesman tersebut lebih di ingat dan di kenal oleh orang sekelilingnya.

Sebagai salesman yang sukses sangat penting bagi dirinya untuk mengembangkan network bisnisny. Salesman akan lebih mudah memiliki network yang luas.

Nah, seperti itulah pengertian sales TO dan juga sistemnya. Semoga apa yang kami sampaikan ini memberikan manfaat untuk anda semua.

Leave a Reply