Pentingnya Pelatihan Motivasi Untuk Para Karyawan

Pentingnya Pelatihan Motivasi Untuk Para Karyawan

Di berbagai perusahaan sering kita jumpai pelatihan motivasi untuk karyawan. Namun yang jadi pertanyaan, apakah itu akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan? sebenarnya tak akan pernah terbentuk sebuah perusahaan jika tanpa adanya karyawan. Pendapatan atau income perusahaan juga tidak ada jika tak ada karyawan. Oleh karena itu memang penting adanya sebuah perusahaan melakukan pelatihan tentang motivasi untuk karyawan.

Pelatihan motivasi itu seperti proses pengisian bahan bakar pada mesin kendaraan atau tenaga listrik pada baterai gadget. Motivasi perlukan untuk membentuk pribadi lebih semangat lagi dalam berusaha untuk meraih prestasi. Jika seluruh karyawan memiliki tingkat semangat yang tinggi, maka perusahaan jugalah yang akan memetik hasilnya. Setiap tugas-tugas dapat dijalankan dengan optimal sehingga terjadi peningkatan signifikan di segala aspek operasional perusahaan, termasuk omzet income.

Manfaat Diadakannya Training Motivasi

jika memiliki modal motivasi, seseorang seolah mendapatkan kekuatan untuk bertindak baik untuk mendapatkan kepuasan maupun pengetahuan. Ada beberapa aspek yang mempengaruhi timbulnya motivasi yang meliputi kekuatan biologis, emosional, kognitif dan sosial.

Inilah alasan mengapa perusahaan perlu mengadakan training motivasi yang bermanfaat untuk:

  • Memberikan keberanian positif pada diri karyawan, seperti berani bersaing, mengutarakan pendapat dan mengubah kebiasaan buruk pada dirinya.
    • Mendapatkan cara untuk menciptakan hal baru di lingkungan kerja sehingga dapat menghilangkan rasa penat dan bosan selama bekerja.
  • Membantu menciptakan suasana kerja yang enerjik dan dinamis, dimana manfaat ini biasanya baru dirasakan seminggu setelah pelatihan.
    • Memberikan kiat dan tips jitu untuk mengatasi kegagalan, sehingga karyawan akan lebih siap dan tidak mudah putus asa saat mengalami hal tersebut.

Jenis Jenis Motivasi

Bagaimanapun juga perusahaan perlu karyawan yang semangat dan mau bekerja keras untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita perusahaan melalui kinerjanya. Oleh karena itu training motivasi perlu dilakukan.

  • Motivasi intrinsik

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang menggali kembali semangat dan motivasi dari dalam diri individu tersebut. Setiap individu pastilah memiliki semangat kerja sendiri untuk mencapai tujuan sesuai dengan harapanya dan apa yang ia yakinkan. Nah, semangat itulah yang sebenarnya menjadi motivasi paling penting untuk setiap individu.

  • Motivasi ekstrinsik

Motivasi ini berkaitan dengan semangat kerja atau motivasi individu yang dipengaruhi oleh sesuatu dari luar dirinya. Meskipun rangsangan motivasi ini dipengaruhi oleh hal-hal dari luar diri individu, kebanyakan jenis motivasi yang satu ini memiliki pengaruh besar dalam mengembalikan semangat individu untuk melakukan pekerjaan.

Cara Melatih Motivasi Karyawan

Menciptakan sesuatu yang baru

Sebagai seorang kepala karyawan atau manajer perlu sekali dalam beberapa waktu merubah suasan kerja karyawan menjadi lebih menyenangkan. Menciptakan hal-hal baru yang dapat meningkatkan semangat karyawan untuk bekerja.

Pemberian reward

Memberikan penghargaan pada karyawan yang sudah berjasa terhadap peningkatan nilai bisnis perusahaan juga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan. Karena dengan begitu karyawan akan merasa kerja kersanya dalam memajukan perusahaan turut dihargai.

Tingkatkan keberanian

Biasanya seorang karyawan menjadi sedikit melempem dalam bekerja karena ketakutanya terhadap sesuatu hal baik dari dalam atau dari luar dirinya sendiri. Sehingga perlu dilakukan motivasi agar mau memecahkan ketakutan tersebut, mengubahnya menjadi motivasi untuk maju dan menjadi lebih baik.

Nah, dari penjelasan mengenai pentingnya pelatihan motivasi untuk karyawan di sebuah perusahaan ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran dan menambah pengetahuan anda mengenai bagaimana cara memotivasi karyawan.

Leave a Reply