Perkembangan Janin Usia 2 Bulan yang Sehat dan Normal

Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh semua orang tua. Nah, dalam hal ini perlu kiranya seorang ibu bisa mengetahui sejauh mana perkembangan janinnya, tak terkecuali sejak masih usia 2 bulan. Perkembangan janin usia 2 bulan harus diperhatikan supaya janin bisa terlahir dalam kondisi yang sehat. Lebih lanjut, anda simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh semua orang tua. Nah, dalam hal ini perlu kiranya seorang ibu bisa mengetahui sejauh mana perkembangan janinnya, tak terkecuali sejak masih usia 2 bulan. Perkembangan janin usia 2 bulan harus diperhatikan supaya janin bisa terlahir dalam kondisi yang sehat. Lebih lanjut, anda simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Tahapan Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin pada Minggu ke-4

Pada usia janin di minggu ke-4, zigot kecil mulai bisa menemukan tempat di dalam rahim. Pada akhir di minggu ini biasanya ditandai dengan tidak mendapat menstruasi. Hal inilah yang menjadi tanda utama dan ciri seorang wanita dikatakan hamil. Biasanya beberapa wanita akan mengalami sedikit pendarahan atau flek berwarna kecoklatan. Inilah yang sering disalah artikan sebagai menstruasi, padahal implantasi zigot ke dinding rahim ibu. Setelah itu, lanjut ke proses pelepasan hormon HCG (sebagai penilaian tes kehamilan).

Perkembangan Janin pada Minggu ke-5

Ketika janin sudah berusia pada minggu ke-5, diperkirakan ukurannya sudah sebesar biji apel. Pada minggu ini, embrio sudah mulai memiliki detak jantung sendiri. Plasenta atau yang sering disebut tali pusat sudah mulai bekerja sepenuhnya pada minggu ini. Vesikel-vesikel otak primer pun sudah mulai terbentuk, bahkan dari sistem sarafnya mulai berkembang. Terdapat benjolan tangan dan kaki janin yang sudah mulai terlihat.

Selain itu, pada bagian telinga mulai sempurna dengan terbentuknya duktus endolimfatikus yang merupakan sebuah saluran untuk menyalurkan cairan yang terdapat dalam selaput labirin telinga dalam. Sedangkan sistem pencernaannya yang semakin sempurna ditunjukkan dengan adanya pembedaan yang kian nyata antara cikal-bakal usus besar dan usus buntu. Bahkan pada cikal-bakal ginjal dan hati pun sudah terbentuk. Begitu pula untuk struktur muka yang secara keseluruhan sudah mulai bisa terbaca.

Perkembangan Janin pada Minggu ke-6

Perkembangan janin pada minggu ini, kepala, ekor, tangan, dan anggota badan janin sudah mulai terlihat walaupun masih seperti tunas atau benjolan. Terdapat pula pembentukan hati, kelenjar tiroid, pankreas, paru-paru, dan jantung. Pembuluh nadi pada bagian kepala juga sudah mulai terbagi-bagi menurut tugasnya. Di minggu ini, pada rongga mulut dan ruas-ruas tulang belakang pun sudah mulai terlihat. Begitu pula pada struktur mata yang sudah terbentuk meskipun masih jauh letaknya. Pada bagian tengah-tengah wajah ini akan muncul tonjolan yang menggambarkan hidung.

Perkembangan Janin pada Minggu ke-7

Pada minggu ini, embrio diperkirakan sudah berukuran antara 11-17 mm. Pada rongga dalam, seperti jantung sudah terbentuk lengkap dan lebih sempurna. Saraf dan otot pun sudah bisa bekerja secara bersamaan. Bahkan sang bayi sudah bisa mulai menciptakan refleks dan bergerak secara spontan walaupun sang ibu belum bisa merasakannya secara langsung. Pada minggu akhir, otak juga akan terbentuk lengkap. Bagian lidah, hidung, bibir, dan gigi mulai terbentuk. Cikal bakal mata pun terlihat berwarna hitam tanpa kelopak.

Perkembangan Janin pada Minggu ke-8

Tahapan perkembangan janin usia 2 bulan pada minggu ini, embrio sudah berukuran 25-30 mm. Bagian kepalanya pun sudah membulat dengan wajah polos kekanak-kanakan yang mulai tampak nyata dengan tertariknya bagian antara dahi dan pangkal hidung ke arah dalam. Lengan dan kaki sudah mulai terbagi menjadi komponen paha, kaki, tangan, lengan, dan bahu. Organ reproduksinya pun mulai terbentuk namun belum tampak jelas jenis kelaminnya. Begitu juga dengan kartilago dan tulang. Telinga luar sudah terbentuk secara sempurna dan bagian mata telah membentuk pigmen. Pada akhir minggu ini, janin sudah bisa mendengar.

Leave a Reply