Tabel Kalori Makanan Sehari Hari Untuk Program Diet Sehat

Tabel Kalori Makanan Sehari Hari Untuk Program Diet Sehat

Diet sehat memang sangat diminati oleh orang- orang yang ingin tubuhnya selalu sehat dan memiliki berat badan yang seimbang. Dalam menjalankan program diet sehat kita perlu tabel kalori makanan sehari- hari agar kita bisa mengetahui berapa banyak asupan kalori yang kita perlukan. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan kami sampaikan secara lengkap untuk anda semuanya.

Anda bisa mendapatkan sumber kalori dari makanan yang dikonsumsi sehari- hari. Bahkan ada banyak makanan yang mengandung jumlah kalori yang banyak jika sudah diolah menjadi jenis penganan baru akan memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk menu sehat. Di bawah ini anda bisa melihat tabel kalori makanan sehari- hari yang bisa mendukung program diet anda.

Daftar Tabel Kalori Makanan Sehari Hari Lengkap

Makanan yang rendah kalori sangat penting untuk diingat, terutama bagi anda yang menderita penyakit diabetes, jantung, darah tinggi, serta penyakit lainnya. Kelebihan kalori akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Akan tetapi anda juga harus perhatikan bahwa kekurangan kalori juga bisa berdampak tubuh anda akan mudah terserang penyakit. Sehingga mengatur pola makan menjadi salah satu cara paling ampuh dalam mencegah terjadinya penimbunan kalori yang ada dalam tubuh.

Sehari- hari kita mengkonsumsi makanan yang terdiri dari 4 macam yang bisa menjadi sumber terbentuknya kalori tubuh, yaitu :

  • Sayuran bisa dibilang kalorinya sedikit
  • Buah-buhan ini bisa dikategorikan punya jumlah kalori tingkat sedang
  • Daging menjadi jenis makanan yang paling banyak kalorinya
  • Makanan Umum seperti snack, nasi dan makanan lain ini tidak disarankan sebab kalorinya sangat tinggi.

Sehingga tidak ada salahnya mengenal lebih jauh jenis makanan rendah kalori yang bisa kita konsumsi dalam jumlah banyak, untuk diet harian. Semuanya tertera dalam tabel kalori makanan sehari- hari.

Daftar Tabel Kalori Makanan Sehari Hari

Dalam perhitungan setiap gram, lemak merupakan salah satu yang menghasilkan kalori paling banyak yaitu mencapai 9 kalori per gram-nya. Sedangkan karbohidrat dan protein hanya 4 kalori tiap gram-nya. Gorengan salah satu makanan yang mengandung kalori tinggi karena kadar lemaknya banyak. Sedangkan buah-buahan dan sayur kalorinya sangat rendah karena kadar air dan seratnya banyak. Untuk memastikan agar kebutuhan nilai gizi anda tercukupi dengan baik anda perlu melihat daftar kalori makanan. Sekarang banyak beredar produk makanan yang dilengkapi daftar jumlah kalori makanan yang tertera pada bagian bungkusnya. Agar mengetahui perhitungan kalori makanan dengan jelas bisa anda lihat tabel di bawah ini.

Jenis Makanan Berat <gram> Kandungan Kalori
Nasi 100 175
Empal Daging 100 147
Tempe Goreng 50 118
Telur Dadar 75 188
Sayur Asam 100 88
Sirsak 125 55
Susu 244gr atau 240ml 146
Bubur Ayam 200 165
Spaghetti 300 642
Ubi Rebus 100 125
Singkong Rebus 100 146
Roti Tawar 50 128
Mie Instant 50 168
Udang Rebus 100 91
Lele Goreng 60 57,5

Tabel kalori makanan sehari hari di atas merupakan jenis makanan yang biasanya tak disebutkan nilai kalorinya pada kemasannya. Kecuali untuk mie instan biasanya ada daftar jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Namun secara umum Departemen Kesehatan RI menetapkan kebutuhan kalori rata-rata 2000 kalori per hari.

Standar asupan kalori per hari berbeda-beda di tiap negara. Untuk laki-laki di Amerika sebaiknya mengonsumsi 2700 kalori setiap hari dan wanita sebanyak 2200 kalori tiap harinya. Sementara menurut National Health Service di Inggris, laki-laki disarankan untuk bisa mengonsumsi 2500 kalori dan wanita 2000 kalori.  Sedangkan menurut FAO orang dewasa rata-rata minimal mengkonsumsi 1800 kalori per hari.

 

Leave a Reply