Tips Agar Cepat Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dan Khawatir

Tips Agar Cepat Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dan Khawatir

Kehamilan mungkin sering membuat wanita dilanda stress. Kadang ia akan merasa stress menghadapi persalinan. Terlebih lagi jika dokter sudah memperkirakan tanggal kelahiran sang bayi dan belum ada tanda- tanda akan melahirkan. Ini membuat hati semakin tidak tenang. Lalu adakah tips agar cepat melahirkan supaya sesuai dengan HPL nya.

Ternyata yang sering menjadi masalah dalam proses persalinan itu adalah lamanya pembukaan dari setiap ibu hamil yang berbeda- beda. Ada ibu hamil yang mudah melahirkan tapi ada juga yang tidak. Dan karena hal ini ibu hamil bisa- bisa stress dan was- was saat akan melahirkan. Jadi simak tips yang akan kami sampaikan ini mengenai cara agar cepat melahirkan dengan normal.

Cara Agar Cepat Melahirkan Bayi Anda

Sebenarnya yang pertama kali harus anda lakukan adalah bersikap tenang serta selalu percaya diri. Anda harus yakin bahwa bayi akan lahir dengan cepat dan normal. Sehingga jika anda sudah merasa tenang maka ini akan membawa pengaruh yang baik untuk kejiwaan ibu dan juga kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Lakukan birthing balls

Untuk membantu sang bayi di dalam rahim bergerak, maka birthing balls ini bisa anda lakukan. IniĀ  bisa anda lakukan dengan duduk pada bola yang sangat lentur dan jugalembut sambil anda menggerakan tubuh anda. Saat tubuh anda bergerak maka dapat mendorong bayi untuk beralih pada posisi terbaik.

Ikut Senam Hamil

ikuti senam hamil secara rutin dengan bimbingan dari instruktur ahli. Senam hamil memiliki berbagai manfaat yaitu untuk membantu anda melemaskan daerah yang merupakan jalan lahir bayi, dapat membuat lancar penurunan pada bagian bawah bayi menuju jalan lahir, membantu kontraksi rahim agar lebih efektif serta membantu proses persalinan menjadi lebih lancar dan juga mudah.

Mandi dengan air hangat

Menjelang proses persalinan tiba, ibu hamil bisa mandi dengan air hangat. Sentuhan dari air hangat akan membantu merilekskan pikiran dan juga bisa mengatasi otot yang tegang pada tubuh ibu hamil. Selain itu dengan cara mandi memakai air hangat ini juga membantu agar cepat pembukaan saat melahirkan.

Stimulasi pada puting payudara

Kegiatan berupa stimulasi putting payudara juga bisa dikatakan bisa untuk melepaskan oksitosin yang dapat merangsang rahim anda untuk berkontraksi. Kegiatan ini juga bisa anda lakukan sendiri atau meminta bantuan suami anda. Tetapi jangan lakukan kegiatan ini dengan berlebihan karena dapat menimbulkan kontraksi sangat panjang, kuat juga dapat mengganggu aliran darah pada janin. Sebaiknya fokus dulu pada salah satu payudara anda selama sekitar lima menit.

Hubungan intim bersama suami

Seorang pria akan menghasilkan cairan yang mengandung prostaglandins. Ini bisa membantu leher rahim menjadi lunak dan siap untuk segera membuka. Sperma mengandung beberapa kandungan yang juga dapat untuk membantu dalam merangsang kontraksi yang terjadi pada rahim serta membuat leher rahim melemas.

Hilangkan rasa cemas di dalam diri anda

Ketika akan memasuki persalinan muncullah perasaan cemas dan ini hal yang wajar. Agar dapat mengurangi kecemasan anda bisa membaginya dengan mendiskusikan kecemasan anda bersama suami anda, ataupun dokter. Rancanglah beberapa kegiatan yang dapat membuat anda menjadi semakin rileks.

Itulah beberapa tips agar cepat melahirkan yang bisa anda lakukan. Yang paling penting adalah anda hrus tenang dan optimis bahwa anda bisa melahirkan bayi anda. Itulah yang menjadi kekuatan anda sebenarnya.

Leave a Reply